Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita

Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita Harus Di Wspadai

Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita perlu kita ketahui, sebelum kita terserang penyakit yang mematikan ini, untuk itu simak artikel ini yang akan membahas mengeai penyakit jantung pada wanita:


Penyakit jantung atau sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang perlu kita waspadai, banyak kasus orang terkena sakit jantung secara tiba-tiba. Kolesterol serta lemak berlebih dalam tubuh dihubungkan sebagai faktor penyebab masalah jantung. Banyak dari kita yang tetap meremehkan pola makan sehat walau penyakit jantung dimaksud dalam jejeran penyakit pemicu kematian tinggi didunia.

Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita

Dari data dari WHO mencatat bahwa pada tahun 2003 terdapat 17, 3 Juta orang meninggal karena penyakit jantung. Di Indonesia sendiri WHO mencatat ada sekitar 243,048 meninggal dunia pada tahun 2011 karena penyakit jantung. WHO juga memperkirakan pada tahun 2030 angka kematian karena penyakit ini bisa mencapai 23, 3 juta per tahun, sungguh sangat memprihatinkan.

Gejala yang terjadi pada wanita cukup berbeda dengan gejala yang terjadi pada pria, gejala pada wanita lebih ke gejala umum penyakit lain.
Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Karena gejala sakit jantung pada wanita cukup berbeda dengan pria, saya akan membahasnya disini agar para wanita bisa mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh penyakit jantung. Ada sekitar 6 gejala yang perlu anda waspadai, diantaranya :
  1. Nyeri Pada Dada-, Meskipun nyeri pada dada merupakan gejala umum penyakit jantung, wanita sering mengalami keadaan yang berbeda dibandingkan dengan pria. Pada umumnya nyeri itu terjadi pada dada bagian kiri, namun sebagian dari wanita bisa mengalami nyedi dada pada bagian kanan sehingga sering dianggap hanya nyeri karena kecapekan dan bukan karena sakit jantung. Nyeri yang terjadi pada dada wanita ini sebenarnya lebih menyakitkan daripada laki-laki, ketidaknyamanan tersebut dikarenakan adanya tekanan yang cukup keras pada bagian dada.
  2. Nyeri Pada Bagian Tubuh Lain-, Kalau dalam keadaan umum sakit jantung ditandai dengan adanya nyeri dada, wanita akan mengalami rasa nyeri pada bagian lain, yaitu pada : lengan, leher, rahang dan punggung. Nyeri pada bagian tersebut tidak terjadi pada pria, sehingga banyak wanita yang tidak menyadari bahaya dibalik nyeri tersebut. Nyeri ini merupakan kondisi yang tak lazim jadi misalnya anda tiba-tiba mengalami nyeri pada lengan, leher, rahang dan punggung tanpa sebab yang pasti atau kadang terbangun secara tiba-tiba karena nyeri tersebut, anda perlu mewaspadai hal tersebut sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Segera konsultasikan kepada dokter anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.
  3. Sakit Perut-, Siapa yang mengira bahwa sakit perut merupakan salah satu gejala sakit jantung. Sakit perut identik dengan tanda-tanda sakit maag atau sakit lambung, sehingga banyak yang mengabaikan hal ini sebagai salah satu sinyal yang harus anda waspadai. Bila anda merasakan sakit perut yan luar biasa, disertai dengan mual anda perlu segera ke dokter dan memeriksakan diri anda. Sakit perut pada penyakit jantung biasanya menimbulkan rasa sakit seperti ada beban berat yang menimpa perut anda.
  4. Sesak Nafas-, Pernahkan anda merasa ngos-ngosan meskipun anda tidak melakukan kegiatan apa-apa? jika iya, anda perlu memeriksakan jantung anda. Sesak nafas merupakan salah satu pertanda anda mengidap penyakit jantung, apalagi ditandai dengan gejala pendukung lainnya. Sesak nafas ini bisa dikarenakan tidak megalirnya oksigen dalam darah ke paru-paru karena adanya penyumbatan di saluran darah sehingga anda menjadi kesulitan bernafas.
  5. Berkeringat Dingin-, Keringat dingin berbeda dengan keringat pada umumnya, misalnya keringat yang dihasilkan karena baru saja melakukan olahraga. Keringan dingin lebih seperti keringat yang dihasilkan karena gugup ataupun stress. Jadi apabila tangan anda tiba-tiba mengeluarkan keringan meskipun anda sedang tidak olahraga atau sedang berpanas-panasan, anda perlu mewaspadai hal tersebut.
  6. Kelelahan yang berlebih-, Tanpa sebab yang jelas, anda bisa mengalami kelelahan yang berlebih sehingga tidak bisa melakukan aktifitas yang ringan sekalipun. Kejadian ini terjadi hampir 70% dari wanita yang memiliki menderita penyakit jantung. Pada umumnya orang yang sakit jantung mengalami kecapekan di dada terlebih dahulu baru setelahnya badan menjadi lemas tak bertenaga, bahkan ketika ingin mengambil minum di dapur pun rasanya berat sekali.

Apa Penyebab Sakit Jantung pada Wanita?
Sebuah hasil survey yang dilakukan Women’s Health Study menunjukkan bahwa wanita berpenghasilan rendah lebih rentan menderita penyakit jantung. Penyebab sakit jantung pada wanita yang paling utama adalah faktor finansial. Bahkan, masalah keuangan lebih kuat pengaruhnya terhadap penyakit jantung dibanding masalah lain, seperti pasangan selingkuh atau cedera. Selain masalah keuangan, penelitian yang sama juga menemukan bahwa penyebab penyakit jantung berikutnya pada wanita adalah kematian pasangan atau anak serta sakit parah, karena kedua faktor ini kerap membuat wanita stress, sehingga resiko terjadinya penyakit jantung semakin tinggi. Bahkan, kejadian seperti ini dapat membuat resiko penyakit jantung meningkat hingga 65 persen.

Itulah sekilasan pemabahsan Mengenai Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita yang harus kita waspadai, jika kita ingin terhindar dari penyakit yang mematikan ini maka anda perlu hidup sehat mulai sekarang sebelum anda terserang penyakit ini.


Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita


0 Response to "Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita"

Posting Komentar